Ini Dampak Buruk Kebiasaan Tidur Terlalu Lama

Tahukah anda jika kebiasaan tidur terlalu lama ternyata dapat membawa dampak buruk untuk kesehatan? Pada umumnya orang dewasa hanya membutuhkan waktu tidur 7 sampai 9 jam per harinya. Namun terkadang ketika waktu libur, kita lebih sering tidur dalam waktu yang lebih lama dari biasanya. Perlu kamu ketahui bahwa kebanyakan tidur akan dapat berdampak buruk pada kesehatan tubuh.

Ada berbagai dampak buruk dari kebiasaan tidur terlalu lama ini, dan berikut ini informasi selengkapnya.

Risiko Kegemukan

Pada sebuah penelitian dari Quebec, para peneliti menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari 8 jam per malamnya memiliki risiko 2 kali lipat lebih besar terkena diabetes tipe 2 atau toleransi glukosa menjadi terganggu dalam periode 6 tahun dibandingkan dengan orang – orang yang tidur 7-8 jam per malamnya.

Dalam penelitian tersebut, diketahui bahwa orang yang tidur dalam waktu 9-10 jam per malamnya memiliki risiko 25 persen lebih besar untuk mengalami kenaikan berat badan sebesar 5 kg selama periode penelitian 6 tahun.
Orang yang memiliki waktu tidur yang kurang dan banyak sama – sama memiliki peluang yang sama akan mengalami kenaikan berat badan dibandingkan dengan mereka yang tidur selama 7 – 8 jam per malamnya.

Dampak Buruk Kebiasaan Tidur Terlalu Lama

Risiko Terkena Gangguan Jantung

Dalam sebuah penelitian di American Collage of Cardiology pada tahun 2012, mengatakan bahwa tidur lbeih dari 8 jam per malamnya dapat meningkatkan risiko akan terkena gangguan jantung. Para peneliti mengalamisis data dari 3.000 orang dan menemukan bahwa orang yang memiliki kebiasaan tidur lebih lama memiliki risiko dua kali lebih besar terkena angina.

Meningkatkan Risiko Depresi

Pada sebuah penelitan pada tahun 2014, para peneliti menemukan bahwa durasi tidur yang lama akan dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami gejala depresi. Dan untuk partisipan yang tidur 7-9 per malamnya memiliki heratibilitas lebih besar 27 persen terkena gejala depresif, dan untuk yang tidur lebih lama dari 9 jam memiliki heratibilitas 49 persen. Lihat juga tips memilih makanan sehat.

Merusak Otak

Pada sebuah penelitan tahun 2012 pada wanita lanjut usia, ditemkan bahwa kebanyakan tidur dapat memperburuk fungsi otak selama periode 6 tahun. Nah jika kamu tidur lebih dari 9 jam per malamnya, hal ini akan dapat membuat fungsi otak kamu menjadi terganggu dan justru akan menjadi semakin buruk.

Susah Hamil

Pada tahun 2013, sebuah tim peneliti di korea telah mengalanisis kebiasaan tidur sedikitnya 6500 wanita yang sedang menjalani proses pembuahan sel telur dan sperma di luar tubuh wanita. Dan penelitian tersebut menemukan wanita yang tidur 7 sampai 8 per malamnya memiliki peluang hamil lebih tinggi. Sementara untuk wanita yang memiliki kebiasaan tidur lebih dari 9 jam per malamnya, memiliki tingkat kehamilan yang rendah.

Baca juga cara alami melancarkan siklus menstruasi.

Nah, itulah dampak buruk kebiasaan tidur terlalu lama terhadap kesehatan. Setelah mengetahui ini tentunya kita dapat mengatur pola tidur agar memberikan manfaat untuk kesehatan yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: