Penyebab Nyeri Punggung Ketika Haid dan Cara Mengatasinya

Tahukah anda apa penyebab nyeri punggung ketika haid dan bagaimana pula cara mengatasinya?

Selain merasakan rasa nyeri pada perut, beberapa wanita yang sedang dalam menstruasi terkadang juga seringkali merasakan nyeri pada punggungnya. Terjadinya nyeri pada punggung ini memang terjadi karena dampak ketegangan otot perut yang berkontraksi ketika mengeluarkan darah dari dalam rahim.

Nyeri punggung ini adalah dampak ketegangan otot, yang terjadi pada saat otot perut berkontraksi mengeluarkan darah dari dalam rahim. Proses kontraksi otot ini tidak hanya akan dapat menyebabkan ketegangan otot perut saja, lebih jauh bisa terjadi pada otot punggung, pinggang,paha atas dan panggul.

Dipicu Perubahan Hormon

Nyeri otot punggung ketika menstruasi ini bisa saja disebabkan karena adanya peningkatkan hormon prostaglandin menjelang menstruasi. Hormon ini memiliki fungsi memicu kontraksi otot rahim untuk dapat mengeluarkan darah menstruasi dari dalam rahim. Karena peningkatannya relatif tinggi, hal ini cenderung akan dapat menyebabkan otot tubuh lain berkontraksi dan terjadilah ketegangan otot pada bagian tubuh lainnya termasuk otot punggung bawah.

cara mengatasi nyeri punggung ketika haid

Tidak Perlu Obat

Walaupun kondisi ini mengganggu, namun nyeri punggung tidak perlu dipulihkan dengan mengkonsumsi obat – obatan,karena pada umumnya rasa nyeri ini tidak disebabkan oleh hal – hal yang serius. Baca juga cara mengatasi batuk bayi secara alami.

Cara untuk Mengatasi Nyeri Punggung ketika Haid

Nah untuk mengatasi masalah nyeri punggung bisa kamu coba dengan melakukan hal – hal berikut ini.

Mengkonsumsi Air Putih

Konsumsilah air putih dengan cukup. Pasalnya kamu perlu mengganti cairan tubuh yang hilang dengan banyak mengkonsumsi air minum dan mengkonsumsi buah serta sayuran yang banyak memiliki kandungan air.

Istirahat dan Rileks

Cobalah untuk bisa membuat tubuh kamu istirahat dan santai, biarkan tubuh kamu mengatasinya secara ilmiah. Jika kamu sudah tenang dalam menghadapi kondisi seperti ini, maka tubuh akan menjadi lebih mudah melakukan penyesuaian sehingga rasa nyeri punggung kamu bisa reda. Pijatlah punggung untuk meredakan nyerinya. Jika belum hilang kamu bisa mengkompresnya dengan menggunakan air hangat.

Stretching

Kamu juga bisa emlakukan stretching ringan selama 10 menit pada setiap harinya untuk membuat otot menjadi lebih rileks dan ketegangan otot menjadi reda. Baca juga melancarkan siklus menstruasi secara alami.

Mengkonsumsi Kunyit

Nah untuk dapat menghindari rasa nyeri selama haid dan masalah pada kewanitaan, ada baiknya untuk mengkonsumsi minuman kunyit asam secara teratur secara berkala. Kunyit memang sudah teruji klinis mampu menekan inflamasi yang menjadi penyebab nyeri dan masalah pada daerah kewanitaan. Lihat juga cara membuat masker alami untuk wajah cantik.

Mengkonsumsi Minuman Hangat

Dengan mengkonsumsi minuman hangat memang akan dapat membantu meredakan nyeri punggung. Namun yang perlu kamu hindari adalah beberapa minuman yang mengandung kafein seperti halnya kopi dan teh. Walaupun minuman teh dianggap memiliki kadar kafein yang rendah, namun tetap saja teh mengandung kafein. Dan minuman hangat yang cocok untuk pereda nyeri haid adalah jahe hangat.

Nah, beberapa langkah di atas merupakan cara mengatasi nyeri punggung ketika haid dan sekaligus mengurangi penyebabnya yang semoga bermanfaat untuk anda.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: