Penyebab Penyakit Gondongan dan Cara Penyembuhannya

Tahukah anda apa sebenarnya yang dimaksud dengan penyakit gondongan dan apa pula penyebabnya? Penyakit ini seringkali disamakan atau diidentikkan dengan penyakit gondok, apakah keduanya sama atau berbeda. Bagaimana pula gejala maupun cara penularan dari gondongan ini? Apakah benar antibiotik tidak perlu dipakai untuk pengobatan penyakit gondong? Lantas apa yang mesti dilakukan para orang tua di rumah untuk menyembuhkan penyakit ini?

Mungkin pertanyaan di atas pernah atau malah sedang menggelayut dalam pikiran anda karena anak atau anggota keluarga ada yang mengalami gejala penyakit ini. Artikel ini mencoba membahas gangguan ini yang sumbernya diambilkan dari tulisan seorang dokter. Semoga informasi ini bermanfaat untuk anda para orang tua.

Baca juga cara mengatasi batuk pilek anak

Gondongan atau dalam bahasa medisnya Mumps, parotitis epidemika adalah penyakit akut menular yang menyerang kelenjar air liur di mulut, terutama kelenjar parotis yang letaknya tepat dibawah dan didepan telinga. Hal inilah yang sering menyebabkan pembengkakan pada leher bagian atas atau pipi bagian bawah. Penyakit ini disebabkan oleh virus paramyxovirus.

penyebab penyakit gondongan

 

Penularan virus ini terjadi melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita. Lihat juga cara mengatasi batuk bayi secara alami

Penyakit Gondongan Berbeda dengan Gondok

Gangguan Gondong dan gondok jelas keduanya sangat berbeda, baik gejala, penyebab, letak hingga pengobatannya. Gondok adalah penyakit yang disebabkan oleh pembesaran kelenjar tiroid, yang bisa disebabkan oleh infeksi maupun hipertiroid. Yang membengkak adalah kelenjar tiroid yang letaknya di leher. Bukan di pipi ataupun dibawah telinga. Dan Gondok bisa diketahui ketika menelan ludah, karena kelenjar tiroid akan bergerak keatas.

Selain itu, gondongan termasuk penyakit Self Limiting Diseases, yaitu penyakit yang dapat sembuh sendiri tanpa diobati penyebabnya. Antibiotik tidak dapat membunuh virus penyebab gondongan. Kecuali terdapat infeksi sekunder oleh bakteri. Pengobatan hanya ditujukan untuk gejalanya saja.

Misalnya untuk demam dan nyeri bisa digunakan analgetik dan antipiretik seperti parasetamol atau ibuprofen. Virus biasanya akan disingkirkan oleh tubuh setelah beberapa hari. Oleh karena itu faktor daya tahan tubuh sangat berperan, untuk itu perlu juga diberikan obat-obat immunomodulator agar daya tahan tubuh dapat meningkat.

Lihat juga tips menghilangkan bau badan dan mulut secara alami.

Yang bisa anda lakukan sebagai orang tua di rumah adalah dengan melakukan kompres pada pipi yang bengkak dengan air dingin. Sedangkan untuk mengurangi demam adalah dengan mengompres dengan air hangat pada ketiak dan selangkangan anak.

Asupan makanan yang bergizi juga harus diperhatikan dan sebaiknya diberikan makanan cair atau lunak karena biasanya terdapat gangguan menelan dan mengunyah. Untuk mempercepat proses penyembuhannya sebaiknya si penderita diminta untuk banyak istirahat. Sebaiknya baca juga penyebab nyeri punggung saat haid dan cara mengatasinya.

Sedangkan pemberian aspirin untuk penyembuhan penyakit gondongan yang diderita anak-anak sebaiknya tidak dilakukan atau diberikan kepada anak-anak karena memiliki resiko terjadinya sindroma Reye.

Comments

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: