Tips Memilih Makanan Sehat yang Baik

Memilih makanan sehat ternyata tidak bisa dilakukan sembarangan dan ceroboh. Asupan yang sehat bukan saja dilihat dari kandungan gizinya yang baik dan terjaga saat pengolahannya namun juga harus memperhatikan berbagai faktor lainnya.

Setiap orang menghendaki hidupnya sehat, baik sehat tubuhnya maupun sehat rohaninya. Namun tahukah Anda bahwa untuk memiliki hidup yang sehat, yang pertama kali harus diperhatikan adalah makanan yang masuk ke dalam mulut.

Makanan sehat sebagai makanan yang baik dan berkualitas sangat menentukan kualitas kesehatan tubuh. Makanan yang tidak baik dan bermutu rendah, justru dapat mengantarkan kita pada berbagai penyakit. Namun sayangnya kebanyakan kita lebih menyukai makanan yang tidak baik dan bermutu rendah karena umumnya enak.

Makanan Sehat

Lantas bagaimana memilih makanan sehat yang baik itu? Dunia kedokteran maupun para ahli gizi umumnya telah mengeluarkan kriteria ataupun standar makanan yang baik untuk tubuh, terutama untuk kepentingan proses penyembuhan terhadap suatu penyakit.

Namun perlu diketahui bahwa yang mengetahui makanan yang baik untuk tubuh kita adalah kita sendiri. Setiap orang akan memiliki kebutuhan yang berbeda-beda terhadap makanan ini.

Nah, untuk memilih makanan yang sehat dan baik, sebaiknya lakukan langkah berikut :

Pilihlah selalu makanan dalam kondisi yang segar (fresh), tidak busuk atau mengalami luka. Lebih baik lagi kalau kita bisa memilih makanan yang baru saja dipetik dari pohonnya, seperti buah atau sayuran.

Biasakan makan buah atau sayuran dalam kondisi mentah. Pengolahan makanan dengan cara dimasak seringkali menghancurkan banyak kandungan gizi yang terdapat dalam makanan sehingga mengurangi manfaat untuk tubuh.

Cuci dan bersihkan buah atau sayuran sebelum dimakan ataupun diolah. Pencucian ini penting untuk menghilangkan kotoran, debu, bahan kimia pupuk ataupun kotoran binatang. Kalau perlu cucilah dengan menggunakan sabun.

Ketahui dan kenali kandungan gizi yang terdapat dalam makanan dan sesuaikan dengan kebutuhan tubuh anda. Makanan usai bekerja atau berolahraga berbeda dengan makanan saat santai. Begitu pula makanan untuk orang yang profesinya membutuhkan banyak pemikiran berbeda dnegan orang yang banyak bekerja secara fisik. Karena itu asupan makanan sehat yang mengandung gizi atau unsur yang sesuai dengan kebutuhan tubuh kita akan memberikan manfaat yang optimal untuk kesehatan kita.

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: